Cara Perawatan Kacer Harian Biar Gacor Durasi Panjang

Perawatan Kacer – Memiliki sebuah burung dengan kualitas kicau jawara, merupakan hal yang paling di idam-idamkan bagi penghobi burung. Tak terkecuali dengan burung bernama latin Copsychus saularisini merupakan salah satu jenis burung yang dikenal memiliki kualitas gacor dengan gaya ngeplong-nya. Adalah burung kacer yang sangat dikenal oleh para kicau mania memiliki kualitas gacor yang jempolan sembari di ikuti dengan gaya khas tarung ngobra-nya. Namun untuk mendapatkan kicauan maksimal dari burung yang tergolong kucica kampung tersebut, bukanlah suatu hal yang instan dan mudah di dapatkan. Tentunya berbagai faktor rawatan harian yang di berikan pada burung tersebut, merupakan hal yang paling utama dalam menentukan kualitas gacor yang dikeluarkan pada burung kacer.

Perawatan Kacer Harian

Untuk perawatan pada kacer memang tidak terlalu sulit, karena hampir mirip dengan merawat burung kicau pada umumnya. Akan tetapi yang menjadi permasalahan adalah burung kacer sangat mudah akan mengalami stres bahkan macet bunyi. Hal tersebut terlihat dari sifat dari burung kacer dengan kebiasaannya disebut dengan berbagai istilah seperti ngebagong, nguda laut, mbalon atau mbedesi. Memang jika di lihat sekilas kebiasaan tersebut tampak unik dan lucu, namun sungguh amat di sayangkan bahwasanya kebiasaan tersebut merupakan hal yang sangat merugikan sekali, karena pada saat burung kacer ngebagong maka akan sembari di ikuti dengan mengeluarkan bunyi yang itu-itu saja tanpa adanya variasi.

Berbagai faktor yang dapat menyebabkan burung kacer ngebagong, seperti pemberian pakan EF secara over, melakukan tembakan suara/pemasteran tidak tepat, sangkar tidak sesuai dan lain-lain. Beberapa hal tersebut, dapat di artikan bahwasanya perawatan harian yang baik adalah yang paling menentukan baik kualitas suara maupun kesehatan akan burung itu sendiri. Dan bagi rekan-rekan yang ingin atau sudah merawat burung kacer, namun masih bingung mengenai cara rawatnya. Dapat menyimak beberapa info di bawah ini, yang dapat dijadikan patokan dalam perawatan harian kacer yang dapat di berikan.

Menjinakkan Burung

Memang untuk burung kacer ini di kenal memiliki sifat yang liar, apalagi jika burung tersebut di dapatkan dari alam liar maka sifat liar alaminya akan muncul. Oleh itu hal yang pertama harus dilakukan adalah menjinakkan burung tersebut, ada beberapa cara dalam menjinakkan burung kacer mulai dari proses memandikan sang burung sampai dengan basah kuyup, dalam hal ini burung akan merasa kelaparan dan sebuah momen bagi sang pemilik untuk mengambil hati sang burung dengan cara di beri pakan. Lakukan cara ini dengan berulang-ulang kali.

Memberi Makanan Harian Burung

Ada beberapa macam pakan yang dapat di berikan pada burung kacer seperti EF dan voer.

Untuk EF atau makanan tambahan meliputi berbagai serangga kecil meliputi jangkrik, kroto, ulat, orong-orong dan lain. Dalam pemberian dengan EF tidak di anjurkan sekali secara over, karena jika terlalu over maka dampaknya sang burung akan mengalami proses ngurak/mabung yang belum pada waktunya. Selain EF, kacer juga dapat di beri pakan dengan voer/porr yang dikenal kaya akan kandung protein di dalamnya. Namun pemberian pakan dengan porr juga tidak di anjurkan untuk berganti-ganti merek, melainkan tetap setia kepada satu merek saja.

Melakukan Pemasteran

Pada saat burung telah usai di beri pakan harian, di mandikan lalu di jemur pada terik matahari. Maka pada saat itulah merupakan sebuah waktu yang tepat dalam memberikan suara masteran pada burung kacer yang dimiliki. Melakukan masteran burung tidak harus melalui burung secara langsung, melainkan melalui file suara kacer Mp3 juga dapat di lakukan.

Terjadinya ngebagong pada burung kacer merupakan hal yang lumrah dan wajar, hampir semua burung kacer pasti mengalaminya, oleh itu rekan-rekan tidak usah panik. Selain faktor perawatan dari pemilik yang kurang tepat, terjadinya prilaku ngebagong juga dapat dari faktor burung itu sendiri yang memang memiliki mental yang lemah dan jiwa petarung yang kurang baik.